PRA K3 PEKERJAAN PEMBANGUNAN GEDUNG

watch_later Minggu, 15 Juli 2018




 


LOGO
PERUSAHAAN

 







(NAMA PERUSAHAAN)

RENCANA KESELAMATAN DAN KESEHATAN
KERJA KONTRAK (RK3K)



Digunakan Untuk Usulan Penawaran :
(NAMA PEKERJAAN)



DAFTAR ISI



A.        KEBIJAKAN K3 (NAMA PERUSAHAAN)
B.        ORGANISASI K3
C.         PERENCANAAN K 3
1.    IDENTIFIKASI BAHAYA, SASARAN K3 PROYEK, PENGENDALIAN RESIKO K3, PROGRAM K3, DAN BIAYA K3
2.    PEMENUHAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DAN PERSYARATAN LAINNYA
3.    SASARAN DAN PROGRAM K3
D.        PENGENDALIAN OPERASIONAL K3
E.        PEMERIKSAAN DAN EVALUASI KINERJA K3
F.         TINJAUAN ULANG KINERJA K3
















A.        KEBIJAKAN K3 (NAMA PERUSAHAAN)
Sebagai salah satu Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Konstruksi, maka (NAMA PERUSAHAAN) akan secara aktif dan efektif serta konsisten menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan sebagai Komitmen dan Jaminan bahwa dalam melaksanakan berbagai kegiatan pekerjaan konstruksi, perusahaan selalu mengutamakan aspek keselamatan, perlindungan jiwa, pencegahan kecelakaan dan pencemaran lingkungan serta selalu menjaga kedisiplinan dan kesungguhan dalam menerapkan standar keselamatan.
Perusahaan berjanji dan bertanggung jawab penuh untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan menjamin bahwa semua personil yang terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan maupun dikantor akan dilatih dan dididik untuk melaksanakan tugas-tugas nya sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam Sistem Manajemen Keselamatan.
Perusahaan akan selalu memantau permasalahan yang berkaitan dengan Keselamatan dan memberi solusi yang diperlukan dalam rangka mempertahankan dan menyempurnakan Sistem Manajemen Keselamatan Kerja.
Kebijakan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan ini bersifat mengikat dan semua unit kerja (kantor dan lapangan) beserta sumber daya manusia yang ada di Perusahaan berkewajiban dalam pelaksanaan dan mentaati kebijakan ini.

B.        ORGANISASI K3

                                    Tabel 1. STRUKTUR ORGANISASI K-3
                                               (NAMA PERUSAHAAN)


DIREKTUR

Penanggung Jawab

PROYEK MANEJER

Pelaksana K-3

PETUGAS K-3

PETUGAS K-3

PETUGAS K-3

Unit Kebakaran

Unit Emergensi

Unit P3K
 














C.         PERENCANAAN K 3
Perusahaan harus memiliki prosedur perencanaan yang efektif guna pembuatan dan penetapan rencana K3 oleh pengusaha. Rencana K3 harus jelas dan mempunyai tujuan, sasaran, skala prioritas, upaya pengendalian bahaya, penetapan sumber daya, jangka waktu pelaksanaan, indikator pencapaian dan sistem pertanggungjawaban dengan mempertimbangkan hasil penelaahan awal, identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian resiko sesuai persyaratan perundang-undangan yang berlaku serta sumber daya yang dimiliki.
1.         Perencanaan Identifikasi Bahaya, Penilaian dan Pengendalian Resiko
Penyusunan identifikasi bahaya, sasaran K3 proyek, pengendalian resiko K3, program K3, dan biaya K3 sesuai dengan format pada table 1.
2.         Peraturan Perundangan dan Persyaratan Lainnya
Daftar peraturan perundang-undangan dan persyaratan K3 yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan SMK3 antara lain sebagai berikut ;
a.     UU No. 14 Tahun 1969 tentang Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja dan Pembinaan Norma Keselamatan Kerja;
b.    UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja;
c.     UU No. 5 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Kerja;
d.    UU No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi;
e.     UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenaga Kerjaan;
f.      Permen PU No. 09/PRT/M/2008 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang PU;
g.     PP No. 50 Tahun 2012 tentang Penerapan SMK3;
h.    SNI 19-0231-1987 Kegiatan Konstruksi, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja
i.      SNI 19-1957-1990 Pedoman Pengawasan Kesehatan Kerja
j.      SNI 19-1961-1990 Peraturan khusus Keselamatan dan Kesehatan Kerja
k.    SNI 19-3994-1995 Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pertolongan Pertama pada Kecelakaan
3.         Penyusunan Sasaran dan Program K3
3.1.        Sasaran K3
a.         Sasaran Umum
Nihil Kecelakaan Kerja yang fatal (Zero Fatal Accidents) pada pekerjaan konstruksi.
b.         Sasaran Khusus
Sasaran khusus adalah sasaran rinci dari setiap pengendalian risiko yang disusun guna tercapainya Sasaran Umum, contoh sebagaimana Tabel 3. Penyusunan Sasaran dan Program K3.

3.2.        Program K3
Program K3 meliputi sumber daya, jangka waktu, indikator pencapaian, monitoring, dan penanggung jawab, contoh sebagaimana Tabel 3. Penyusunan Sasaran dan Program K3.


Tabel 2. Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko, Pengendalian Resiko K3, dan Program K3
Digunakan untuk usulan Penawaran Nama Pekerjaan


No.
Uraian Pekerjaan
Identifikasi Bahaya
Pengendalian Resiko K3
Penanggung Jawab
(1)
(2)
(3)
(8)
(9)


1.

Pek. Persiapan
-     Pembersihan Awal &  Akhir Lokasi Kerja
-     Penebangan Pohon / Batang Sawit
-     Pas. Bouwplank / Pengukuran      
-     Pek. Barak Kerja/ Direksi Keet      
-     Pek. Papan Nama Proyek               
-     Pek. Penyediaan Listrik dan  Air Kerj
-     Pek. Dokumentasi dan Pelaporan
-     Pek. Pembuatan IMB Bangunan                   











1.     Terkena Alat Kerja;
2.     Tertimpa Pohon / Ranting Pohon
3.     Terkena alat kerja;
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat;
5.     Tertabrak saat mobilisasi;






ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Memasang rambu-rambu pada lokasi kerja;
ü  Memastikan sopir yang memobilisasi memiliki SIM dan sudah terlatih membawa kendaraan;
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
ü  Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.







Kepala Pelaksana














2.










3.

Pek. Tanah Dan Urugan                     
-   Pek. Galian Tanah Pondasi                          
-   Pek. Urugan Tanah Kembali                          
-   Pek. Timbunan Tanah Didatangkan dan di padatkan                          
-   Pek. Urugan Pasir Bawah Pondasi t. 5 cm              
-   Pek. Urugan Pasir Bawah Lantai & Rabat Keliling tbl. 5 cm


Pek. Beton                            
-     Pek. Membuat Lantai Kerja Pondasi Tapak Beton K-100 tbl. 5 cm                    
-     Pek. Pondasi Tapak 100x100x20cm Besi 165 Kg Beton K-225                               
-     Pek. Pondasi Tapak 80x80x15 cm Besi 166 Kg Beton K-225                    
-     Pek. Kolom 30x30 cm Besi 120 Kg  Beton K-225                   
-     Pek. Kolom 20x20 cm Besi 176 Kg Beton K-225                          
-     Pek. Balok Sloof uk. 20x30 cm Besi 141 Kg Beton K-225                    
-     Pek. Balok Sloof uk. 15x20 cm Besi 256 Kg Beton K-225                    
-     Pek. Balok Pinggang uk.10x20 cm Besi 211 Kg Beton K-225                    
-     Pek. Plat Kanopi Tbl. 8 cm Besi 102 Kg Beton K-225                   
-     Pek. Plat Meja Pantry Tbl. 8 cm Besi 102 Kg Beton K-225                    
-     Pek. Kolom Praktis uk. 10 x 10 cm               
-     Pek. Balok Daag Teras uk.20x30 cm Besi 193 Kg Beton K-225                               
-     Pek. Plat Daag Beton Bertulang Tbl. 10 cm Besi 82 Kg  Beton K-225                        
-     Pek. Lisplank Beton Bertulang  Tbl. 8 cm Besi 95 Kg Beton K-225                         
-     Pek. Beton Ring Balok 13x20 cm                              

1.     Tertimbun tanah;
2.     Terkena alat kerja;
3.     Terkena bahan kerja:
4.     Terjatuh / terpleset kelubang;
5.     Resiko luka ringan/sedang/berat.



1.     Terkena alat kerja;
2.     Terjatuh / terpleset saat pengecoran;
3.     Terkena tumpahan material;
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Memasang rambu-rambu pada lokasi kerja;
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
ü  Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.



ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Memasang rambu-rambu pada lokasi kerja;
ü Menjaga kebersihan lokasi kerja;
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana











Kepala Pelaksana


4.
Pek. Pasangan dan plesteran                            
-     Pek. Pas. Aanstamping Batu Kali                  
-     Pek. Pas. Pondasi 1 Batu Kali ad. 1 : 3
-     Pek. Pas. Dinding 1/2 Bata ad. 1 : 4                        
-     Pek. Pas. 1/2 Bata Dinding Rabat dan Saluran Air Hujan ad. 1 : 3                           
-     Pek. Plesteran Dinding ad. 1 : 4                    
-     Pek. Plesteran Timbul Tbl. 1.5 cm ad. 1 : 4
-     Pek. Profil Kolom Teras ( 2 Tiang )                          
-     Pek. Plesteran Dinding Rabat & Saluran ad. 1 : 4                        
-     Pek. Plesteran Kolom & Lisplank Beton ad. 1 : 3
-     Pek. List Profil Beton List Plank                     
-     Pek. Pas. Partisi Rangka Alumunium Double Teakwood Motif Tbl. 3.6 mm Fin. Melamin + Kaca Tbl. 5mm                


1.     Terkena alat kerja;
2.     Terjatuh / terpleset saat melakukan Plesteran;
3.     Terkena tumpahan material;
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Menjaga kebersihan lokasi kerja;
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana


5.
Pek. Kusen, daun pintu, jendela dan ventilasi
-      Pek. Kusen Pintu Kayu Kelas I ( Kulim )     
-      Pek. Kusen Jendela Kayu Kelas I ( Kulim ) 
-      Pek. Kusen Ventilasi Kayu Kelas I ( Kulim )
-      Pek. Pas. Pintu Kaca Polos Tbl. 12 mm + Assesoris ( Konsen Alumunium )                 
-      Pek. Daun Pintu Kaca Tbl. 5 mm Rangka Alumunium (Swing)                       
-      Pek. Daun Pintu Panel Kayu Kelas I             
-     Pek. Pas. Daun Pintu Alumunium + Assesories
-     Pek. Daun Jendela Kaca Bingkai Kayu Kelas I + Jendela Atas Konsen Pintu & Jendela          


1.     Terkena alat kerja;
2.     Terjatuh / terpleset saat melakukan Pemasangan Kusen;
3.     Tertimpa Bahan Material Kusen/Pintu;
4.     Terluka Kaca Jendela;
5.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Memasang rambu-rambu pada lokasi kerja;
ü Menjaga kebersihan lokasi kerja;
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana


6.
Pek.Atap                               
-      Pek. Kuda-kuda Rangka Baja Ringan Standard SNI
-      Pek. Pas. Atap Genteng Metal                       
-      Pek. Bubungan Genteng                
-      Pek. Pas. Listplank Double GRC                                                                

1.     Terkena alat kerja;
2.     Terjatuh / terpleset saat melakukan pemasangan Rangka Baja/Listplank/Genteng;
3.     Tertimpa Bahan Material Kusen/Pintu;
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Memasang Steger yang baik & Kokoh
ü Mengatur lalulintas pekerja di bawah lokasi pemasangan atap
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.




Kepala Pelaksana

















7.
Pek. Plafond dan rangka                   
-      Pek. Pas. Rangka Langit-langit Besi Hollo ( Warna Silver )                 
-      Pek. Plafond Gypsum Tbl. 9 mm                   
-      Pek. Plafond GRC Board tbl. 4 mm               
-      Pek. List Plafond Gypsum                              
-      Pek. List Plafond profil Kayu Sudut 3/3 cm

1.     Terkena alat kerja;
2.     Terjatuh / terpleset saat melakukan Pemasangan Plafon
3.     Tertimpa Bahan Material Plafon;
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Memasang Steger yang baik & Kokoh
ü Mengatur lalulintas pekerja di bawah lokasi pemasangan Plafon
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana


8.
Pek.Lantai Dan Dinding                    
-      Pek. Cor Lantai Bawah Keramik & Lantai Rabat tbl. 5 cm Mutu Beton K-100                          
-      Pek. Pas. Granite Lantai 60x60  cm                         
-      Pek. Pas. Keramik Meja Beton Pantry Uk. 25x25 cm                         
-      Pek. Pas. Keramik Dinding Tempat Wudhu Uk. 20x25 cm                         
-      Pek. Pas. Lantai Keramik Kasar Uk. 25x25 cm KM/WC                            
-      Pek. Pas. Keramik Dinding KM/WC Uk. 20x25 cm
-      Pek. Pas. Keramik Kolom Pintu Masuk Uk. 30x30 cm                         
-      Pek. Cor Lantai Saluran Air Hujan  tbl. 5 cm Mutu Beton K-100                          
-      Pek. Acian Lantai Rabat Keliling                              

1.     Terkena alat kerja;
2.     Terpleset saat melakukan Pemasangan Keramik
3.     Tertumpah Bahan Material
4.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana


9.
Pek.Instalasi Listrik                          
-      Pek. Titik Api dan Lampu                              
-      Pek. Box Zekering + MCB                               
-      Pek. Stop Kontak                             
-      Pek. Saklar Ganda                           
-      Pek. Saklar Tunggal                        
-      Pek. Lampu Baret                           
-      Pek. Lampu LC 30 Watt                 
-      Pek. Lampu LC 20 Watt                 
-      Pek. Pemasukan Arus Listrik dari PLN / Meteran Baru

1.     Terkena alat kerja;
2.     Tersentrum aliran Listrik
3.     Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü Memeriksa Kabel Sebelum bekerja
ü Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü Menyediakan obat-obat P3K;
ü Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana

10.
Pek.Sanitair                         
-      Pek. Pas. Septick Tank + Resapan                 
-      Pek. Pas. Pipa PVC 1/2 '' Instalasi Air Bersih + Assesories                        
-      Pek. Pas. Pipa PVC 3 '' Instalasi Air Kotor + Assesories ( Posisi dalam tiang teras depan )
-      Pek. Pas. Pipa PVC 4 '' Instalasi Air Kotor + Assesories ( Posisi ke Septick Tank )            
-      Pek. Pas. Closed Jongkok Biasa                      
-      Pek. Pas. Bak Mandi Fiber KM/WC              
-      Pek. Pas. Kran air                           
-      Pek. Floor Drain KM/WC dan Tempat Wudhu          

1.       Terkena alat kerja;
2.       Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
ü  Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana

11.
Pek. Gantungan Dan Kunci               
-      Pek. Kunci Pintu Tanam Kwalitas                 
-      Pek. Engsel Pintu 4" H nylon                         
-      Pek. Engsel Jendela 3 " H Nylon + Jendela Atas Konsen Pintu dan jendela                             
-      Pek. Grendel Jendela + Jendela Atas Konsen Pintu dan Jendela                           
-      Pek. Hak Angin + Jendela Atas Konsen Pintu dan Jendela                     
-      Pek. Tarikan Jendela + Jendela Atas Konsen Pintu dan Jendela                           
-      Pek. Pas. Rooling Door Pintu Masuk Kantor + Assesories        

1.       Terkena alat kerja;
2.       Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
ü  Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.


Kepala Pelaksana

12.
Pek,Papan Nama Kantor                   
-      Pek. Logo Kemenag Uk. 70 x70 cm              
-      Pek. Papan Nama Kantor KUA & Alamat Bahan Acrilic Tinggi Huruf 25 cm             

1.       Terkena alat kerja;
2.       Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
ü  Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.

Kepala Pelaksana

13.
Pek. Finishing Dan Pengecatan                          
-      Pek. Pengecatan Dinding Tembok Luar /Dalam
-      Pek. Cat Plafond Gypsum & GRC                   
-      Pek. Cat Kilat List Profil Kayu                        
-      Pek. Cat Kilat Konsen, Pintu, Jendela dan Ventilasi
-      Pek. Cat Kilat Lisplank GRC                                       

1.       Terkena alat kerja;
2.       Terjatuh Saat melakukan pengecatan
3.       Tertumpah Bahan Material Cat
4.       Resiko luka ringan/sedang/berat.


ü  Memberikan induksi tentang keselamatan kerja sebelum bertugas;
ü  Memasang Steger Yang Baik dan Kokoh
ü  Penggunaan APD : Helm, safety shoes, Sarung tangan;
ü  Menyediakan obat-obat P3K;
Kondisi emergency rujuk/antar kerumah sakit terdekat.

Kepala Pelaksana










D.        PENGENDALIAN OPERASIONAL K3
Pengendalian operasional berupa prosedur kerja/petunjuk kerja, yang harus mencakup seluruh upaya pengendalian, diantaranya :
a.         Menunjuk  Penanggung  Jawab  Kegiatan  SMK3  yang  dituangkan  dalam Struktur Organisasi K3 beserta Uraian Tugas;
b.         Upaya pengendalian berdasarkan lingkup pekerjaan;
c.         Prediksi dan rencana penanganan  kondisi keadaan darurat tempat kerja;
d.         Program-program detail pelatihan sesuai pengendalian risiko;
e.         Sistem pertolongan pertama pada kecelakaan;
f.          Disesuaikan kebutuhan tingkat pengendalian risiko K3 seperti yang tertera pada contoh  Tabel  2.  Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko, Pengendalian Resiko K3, dan Program K3.

E.        PEMERIKSAAN DAN EVALUASI KINERJA K3
Kegiatan pemeriksaan dan evaluasi kinerja K3 dilakukan mengacu pada kegiatan yang dilaksanakan pada bagian D. (Pengendalian Operasional) berdasarkan upaya pengendalian pada bagian C (Perencanaan K3) sesuai dengan uraian Tabel 2. (Sasaran dan Program K3).

F.         TINJAUAN ULANG KINERJA K3
Hasil pemeriksaan dan evaluasi kinerja K3 pada bagian E. diklasifikasikan dengan kategori sesuai dan tidak sesuai tolak ukur sebagaimana ditetapkan pada Tabel 2. Sasaran dan Program K3.
Hal-hal yang tidak sesuai, termasuk bilamana terjadi kecelakaan kerja dilakukan peninjauan ulang untuk diambil tindakan perbaikan.



sentiment_satisfied Emoticon